Saturday, March 10, 2012

Penemu dan Pencipta Antivirus lokal Indonesia


129777239632005442Antivirus-antivirus Lokal
Diantaranya telah saya sebutkan 3 Antivirus local terbesar yaitu PCMAV, ANSAV, dan SMADAV.
Terakhir muncul ARTAV, kemunculannya cukup menggembirakan para pengguna komputer lokal, karena ARTAV menawarkan berbagai macam inovasi dalam membasmi virus. Baiklah, saya langsung saja ke pokok pembahasan. Agar tulisan saya tidak terlalu panjang, maka saya hanya uraikan empat Antivirus lokal terbesar saja.
  • PCMAV
PCMedia AntiVirus adalah kepanjangan dari PCMAV, sebuah antivirus buatan Anton Reinhald Pardede, dibawah label PCMedia. Anton termasuk orang lama dalam dunia IT Indonesia, mungkin tepatnya sejak tahun 1995 keatas. Berpendidikan hampir sarjana (Karena di DO oleh Binus), lalu bekerja disejumlah perusahaan sekuriti dan penerbitan. PCMAV sendiri diperkirakan hadir pada tahun 2006, ketika itu demam Virus Brontok mulai merajarela, Mendadak, PCMAV muncul dan mengklaim satu-satunya AntiVirus di dunia yang mampu membasmi Brontok dan variannya sampai ke akar-akarnya.
  • ANSAV
Ansav (An’s Antivirus), merupakan Antivirus yang dinamakan berdasarkan nama panggilan atau inisial dari pembuat Antivirus ini yaitu Anvie, salah satu kelebihan Ansav merupakan Antivirus yang portable, Kelebihan lain Antivirus ini terletak pada plugin yang bisa ditambahkan dan dilepaskan seperti hidden revealer, deep slayer, process image finder, dan registryFX. Cukup jarang ada AntiVirus yang menggunakan konsep plugin seperti ANSAV. Kemunculannya diperkirakan pada tahun 2007.
  • SMADAV
Antivirus ini dikembangkan oleh beberapa orang di antaranya adalah Zainuddin Nafarin (pendiri). Nama smadav diambil dari nama singkatan sekolahnya Smada =>SMA 2 kota palangkaraya didaerah kalimantan tengah. sedangkan AV tentunya singkatan dari antivirus. SMADAV diperkirakan mulai muncul antara tahun 2008-2009, namun perkembangan AntiVirus ini cukup mencengangkan, karena terbukti telah banyak mengambil hati para pengguna komputer lokal, dengan banyak menggunakan produk SMADAV.
  • ARTAV
Seperti AntiVirus-antivirus sebelumnya, nama ARTAV terobsesi dari nama pembuatnya yaitu Arrival Dwi Sentosa. Kehadiran ARTAV cukup membuat heboh dunia maya, karena AntiVirus ini dibuat oleh bocah SMP kelas dua. Arrival mengaku bahwa ARTAV dibuat menggunakan program VB (Visual Basic). Dan ARTAV diperkirakan hadir pada tahun 2010. ARTAV sengaja saya masukkan dalam deretan AntiVirus terbesar di Indonesia karena ARTAV menggunakan teknik-teknik yang mumpuni dalam memberantas virus.
Itulah sekelumit pengenalan singkat para pembuat AntiVirus, sebagai orang Indonesia, saya sangat bangga atas kinerja mereka yang telah bersusah payah dalam memberi manfaat kepada orang banyak. AntiVirus yang mereka buat adalah Freeware alias gratis, mereka hanya meminta kemurahan donasi dari anda. Mengenai donasi saya miris juga mendengarnya, seharusnya mereka tidak perlu donasi, tapi yang mereka perlukan adalah pengembangan dan kemajuan dalam membuat AntiVirus, dengan cara semua biaya pengembangan software tersebut dibiayai oleh pemerintah.
Banyak sekali penemu-penemu hebat di nusantara ini, bukan hanya menemukan AntiVirus, banyak penemuan-penemuan lainnya. Namun sepertinya pemerintah enggan dan menutup mata untuk mengembangkan lebih lanjut. Andai saja pemerintah mau berperan aktif untuk memajukan penemuan tersebut, bukan tidak mungkin produk-produk unggulan di seantero dunia akan dilabeli Made in Indonesia.. 4 4 4
Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda..!! 

sumber :http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2011/02/15/mengenal-si-pembuat-antivirus-lokal/
blogger yang baik dan bijaksana + berwibawa dan tidak sombong menampilkan sumber artikel yang di tulisnya.... kalo sempet....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...